Membangun Rumah Tuhan di Hati Kita

Hari / Tanggal : Minggu, 26 Januari 2020
Ibadah Raya : 08.00 – 09.30
Pembicara : Ev.Tina Andrean
Tema : membangun rumah Tuhan di hati kita
Ayat : Yeremia 9:23-24 ; Wahyu 3: 14-21

Yeremia 9:23 – 24 Beginilah firman Tuhan:” Janganlah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah ornag kaya bermegah karena kekayannya, tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut : bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; demikianlah TUHAN.”

Di dalam hidup manusia ada 3 tipe hati manusia :
1. Manusia yang berhati batu / keras hati.
Orang bertpe ini adalah orang yang tidak bisa di nasehati, tidak bisa berteman, selalu mempunyai kebenaran diri sendiri.
2. Manusia yang berhati semak duri.
Orang bertipe ini adalah orang yang sangat jelimet, berbelat – belit. Orang ini adalah orang yang ragu – ragu, mempunyai kata – kata yang tajam, selalu mempunyai masalah apabila berada di sebuah lingkungan karena perkataannya dan pikirannya negatif.
3. Manusia yang berhati tanah liat.
Orang bertipe ini adalah orang yang mudah di bentuk oleh Tuhan, mudah menerima masukan dan berubah , tipe ini di sukai oleh Tuhan dan bisa terus bertumbuh serta menjadi kepercayaan Tuhan.

Apa yang membuat orang itu bertumbuh ? iman rohani semakin kuat?
Kita harus membangun rumah Tuhan di hati kita.
Yang harus kita lakukan supaya membangun rumah Tuhan di hari kita :
1. Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hati, jiwa, kekuatan dan akal budi kita.
2. Kasihilah sesama manusia seperti kepada dirimu sendiri.
3. Taat mencari wajah Tuhan, tekun melakukan pekerjaan Tuhan dan setia dalam melakukan Firman Tuhan.
Jika kita melakukan hal ini maka kita akan stabil, tidak up and down, terus kuat di dalam Tuhan.

Wahyu 3 : 14 – 19 ada kata membeli artinya ada yang harga yang harus di bayar. Hal – hal yang harus di bayar:
1. Emas.
Artinya kita harus melewati proses Tuhan sampai kita menjadi murni, dan jangan lari ketika mengalami proses Tuhan. Banyak kotoran yang harus di buang supaya murni, kotoran yang harus di buang adalah masih berharap kepada manusia, mengandalkan kekuatan sendiri, dll oleh sebab itu kita harus menjadi murni di mana kita harus hanya berharap kepada Tuhan 100%.
2. Pakaian putih
Artinya mempunyai hati yang suci, dan ada kebenaran dalam hidup kita. Suci / Kudus artinya tidak tercemar pada sesuatu yang terikat dalam hati kita. Pakaian putih akan kita pakai untuk masuk kerajaan Allah nantinya. Ada juga pakaian compang camping di mana orang tersebut masih main – main dalam dosa, hidupnya tidak dalam kebenaran, dll. Kedatangan Tuhan sudah semakin singkat oleh sebab itu kita harus pelihara baik – baik pakaian putih kita
3. Minyak untuk melumas mata.
Minyak artinya urapan Tuhan, hadirat Tuhan. Dengan urapan Tuhan, mata rohani kita terbuka.
4. Relakan hati dan bertobatlah
Setiap hari kita harus bertobat. Jika kita mengeraskan hati untuk tidak bertobat maka kita akan terus di hajar Tuhan sampai kita bertobat dan berbalik kepada Tuhan dengan segenap hati kita.

Di ayat 20 : Tuhan berdiri di depan pintu untuk mengetok pintu hati kita, oleh sebab itu kita harus ijinkan Tuhan masuk ke hati kita dan membereskan hidup kita serta bertakhta di dalam hidup kita supaya kelak nanti kita akan mengalami kemenangan demi kemenangan di dalam hidup kita. Pada akhirnya kita bersama – sama dengan Dia di dalam kemuliaanNya selama – lamanya.

TUHAN YESUS MEMBERKATI !!

Sermon Digest

Our Videos