Fakta Dosa -Ibadah Jumat Agung 2019

Hari Minggu Tanggal : 19 April 2019
Ibadah Jam : 10.00 – 12.00
Pembicara : Pdt. Lim Lim
Tema : Ibadah Jumat Agung
Ayat : Yohanes 3:16 ; Roma 5:8

Yohanes 3:6
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Roma 5:8
Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.

3 Fakta tentang DOSA:

1. DOSA DIMULAI DARI KETIDAK-SABARAN MANUSIA

Keluaran 32:1
Ketika bangsa itu melihat, bahwa Musa mengundur-undurkan turun dari gunung itu, maka berkumpullah mereka mengerumuni Harun dan berkata kepadanya: “Mari, buatlah untuk kami allah, yang akan berjalan di depan kami sebab Musa ini, orang yang telah memimpin kami keluar dari tanah Mesir–kami tidak tahu apa yang telah terjadi dengan dia.”

Pada umumnya dosa dimulai dari ketidaksabaran manusia. Banyak manusia yang datang ke dukun, karena tidak sabar ingin cepat kaya atau ingin mengetahui masa depannya.

Tetaplah percaya bahwa segala sesuatu akan TUHAN siapkan pada waktunya. Kesabaran termasuk dalam BUAH ROH (Galatia 5:22-23).

2. DOSA BISA MENGHANCURKAN ORANG SEHEBAT / SEROHANI APAPUN (PERLU KERENDAHAN HATI)

Keluaran 32:2-4

Dari ayat tersebut, kita melihat bahwa Harun mempunya ide untuk membangun patung lembu tuangan dan menyuruh bangsa Israel untuk menyembah berhala. Padahal Harun adalah Imam pertama dari suku Lewi. Jangan pernah sombong rohani, karena sehebat apapun, serohani apapun, dapat menyebabkan orang lain jatuh ke dalam dosa. Hanya andalkan TUHAN dalam apapun.

3. DOSA BISA MERUBAH SUKACITA MENJADI DUKACITA

Keluaran 32:19-20

(19) Dan ketika ia dekat ke perkemahan itu dan melihat anak lembu dan melihat orang menari- nari, maka bangkitlah amarah Musa; dilemparkannyalah kedua loh itu dari tangannya dan dipecahkannya pada kaki gunung itu.
(20) Sesudah itu diambilnyalah anak lembu yang dibuat mereka itu, dibakarnya dengan api dan digilingnya sampai halus, kemudian ditaburkannya ke atas air dan disuruhnya diminum oleh orang Israel.

Ketika Musa turun dari gunung, ia melihat bangsa Israel sedang bersuka-cita, menari-nari menyembah patung lembu emas. Dan Musa menjadi marah sehingga dua loh batu dipecahkannya, lalu membakar patung lembu emas, digiling sampai digiling sampai halus. Lalu ditabur ke atas air, lalu bangsa Israel disuruh minum. Maka banyak bangsa Israel yang mati.

Contoh: Jeff Bezos (CEO Amazon) dan Israel Houghton (Penyanyi dan pencipta lagu). Kedua orang ini dapat menggambarkan sebagai orang-orang yang sukses, kaya-raya, dan terkenal. Memiliki istri dan anak-anak. Mereka berdua adalah gambaran dari berkat yang telah diterima. Sungguh keluarga yang penuh sukacita dan penuh berkat. Tetapi mereka jatuh ke dalam dosa perselingkuhan hingga harus bercerai dengan istri. Karir mereka turun, harta mereka harus dibagi kepada istrinya. Anak-anak tentu terkena dampak dari perceraian. Dosa menyebabkan sukacita menjadi dukacita.

Jumat Agung ini memiliki pesan mengenai DOSA. Baca lagi 3 Fakta mengenai DOSA.
TUHAN YESUS telah mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia, karenanya jangan bermain dengan dosa. TUHAN YESUS MEMBERKATI !!

Sermon Digest

Our Videos