Self Identity

Hari Minggu Tanggal : 24 Maret 2019
Ibadah Jam : 08.00 – 09.45
Pembicara : Pdt. Ronny Daud Simeon
Tema : Self Identitiy
Ayat : Kejadian 1:26

Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan- ikan di laut dan burung- burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

UNDERSTANDING THE ORIGINAL PURPOSE WHY GOD CREATED MALE & FEMALE

1. Manusia di ciptakan sesuai Gambaran/Nature Tuhan.
Tuhan menciptakan kita serupa dengan Kristus. Identitas kita tidak berubah, tapi pengertian kita terhadap identitas dalam Tuhanlah yang berubah.
Orang membangun identitas pada kekayaan dll, tapi itu bukan dirinya. Perjalanan terpanjang adalah perjalanan kembali pada diri sendiri. Purpose lahir karena destinasi. Kata gambar adalah SELEM, image. Istilah peperangan. Kalau suatu bangsa mengalahkan bangsa lain, maka ditaruhlah patung kaisar di negara yang dikalahkannya. Kita adalah “patung Allah” yang ditaruh di muka bumi ini.
Keserupaan: orang melihat kita melihat Allah.
2. Manusia di ciptakan serupa dengan Tuhan.
Kata RUPA/ DEMUT = kita menjadi rambu -> tanda-tanda jalan.
Semua kata “DITETAPKAN” dalam Alkitab selalu dekat dengan kata keserupaan. Jadi tidak ada orang yang ditetapkan untuk binasa.
3. Tujuan akhir hidup kita adalah keserupaan dengan Tuhan.
Romans 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.
Bahasa roh tidak memerdekakan kita namun Firman Tuhanlah yang memerdekakan kita.
IMAGO DEI/IMAGO CHRISTY
Destiny Kita adalah Keserupaan dg Tuhan. Jika Kita tidak tahu destinasi kita maka kita akan kehilangan identitas kita.
Destiny itu dahsyat. Hidup tanpa tujuan itu menyedihkan dan tidak akan pernah maksimal== Mediokritas. Agama mengejar destinasi, kalau kita destinasi yang mengunjungi kita. Yesus sebagai destinasi ada di dalam kita. Kita sudah sampai tapi harus melewati proses kehidupan.
Kita di beri kehendak bebas oleh Tuhan tapi tidak sembarangan karena kita harus terus menjadi keserupaan dengan Kristus. Apabila ada pelayanan, pekerjaan, bisnis yang tidak menyerupai dengan Kristus, kita harus meninggalkan semuanya itu.
Banyak hamba – hamba Tuhan tidak finishing well karena tidak mau taat dan tunduk oleh Tuhan.
Benih itu proses. Benih bukan pohon, tapi dalam benih ada pohon. Kata keselamatan adalah selamat sampai tujuan. Destinasi bukan tujuan suatu tempat, tapi destinasi adalah relation.
2 Korintus 3:18 Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi SERUPA dengan gambar- Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.
4. Dalam keserupaan dengan Tuhan, kita berkuasa.
Berkuasa/Radah/To Have Dominion—-> Kingdom: The Display of the Kingdom Of God on earth. The Representatives of His Kingdom on earth. The Ambassador on behalf of His Kingdom.
5. Manusia jadi partner penguasa di bumi.
DELEGATION OF AUTHORITY. WITHOUT GOD MAN CANNOT ; WITHOUT MAN GOD WILL NOT!
Sorga menunggu komando dan keputusan anda.
Matius 16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.”
Kita mempunyai kuasa di bumi, namun kita tetap harus berdoa karena kita sebagai manusia mengenakan hukumnya untuk mengijinkan sorga menyatakan pengaruhnya di bumi.

TUHAN YESUS MEMBERKATI !!

Sermon Digest

Our Videos