Sermon Notes


Hari / Tanggal : 23 September 2018
Ibadah Raya :08.00 – 09.30
Pembicara : Pdt. Samuel Setiawan.
Thema : Integrity and Love
Ayat :




2 Korintus 3: 1-3

2 Korintus 3:1-3 Adakah kami mulai lagi memujikan diri kami? Atau perlukah kami seperti orang-orang lain menunjukkan surat pujian kepada kamu atau dari kamu? Kamu adalah surat pujian kami yang tertulis dalam hati kami dan yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang. Karena telah ternyata, bahwa kamu adalah surat Kristus, yang ditulis oleh pelayanan kami, ditulis bukan dengan tinta, tetapi dengan Roh dari Allah yang hidup, bukan pada loh-loh batu, melainkan pada loh-loh daging, yaitu di dalam hati manusia.

Pada waktu itu jika ada hamba Tuhan (pembicara) di undang untuk menyampaikan firman Tuhan harus di teliti terlebih dahulu apakah hamba Tuhan ini sesat atau tidak, apakah punya surat rekomendasi atau tidak. Di akhir jaman ini di era pentakosta ke-3, kita harus lebih hati – hati lagi dengan mempersiapkan diri dengan hidup selaras dengan firman supaya tidak menyimpang (tersesat) karena kita adalah surat Kristus di mana kita akan di kenal dan di baca oleh semua orang. Gereja harus mendidik umatnya supaya tidak terjadi penyimpangan.

Matius 5: 13 – 16 “Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Orang Krsiten harus menjadi garam, jika tidak maka kita akan di buang. Garam sifatnya tidak kelihatan namun berdampak contoh : jika seorang anak berhasil karena didikan orang tuanya, ketika anak itu berhasi dan terkenal maka yang terkenal adalah anaknya, orang tua tidak di tampilkan. Terang kita akan muncul apabila kita mempunyai integritas.

Bagaimana menjadi surat Kristus?
1. Integritas.
Integrity is not something you show others. It is how you behave behind their back. Modal integritas adalah takut akan Tuhan. Integritas menimbulkan rasa percaya kepada orang lain. Intergitas berbicara kualitas. Jika kita mempunyai integritas maka kita yang di cari orang.
Orang yang mempunyai integritas :
a. Jujur : di mana yang bukan hak kita, maka tidak di ambil.
b. Tanggung jawab : menanggung segala resiko dan ada feed backnya
(laporannya).

2. Love.
Kekristenan selalu berbicara kasih karena Tuhan kita adalah KASIH (LOVE). (1 Korintus 13 : 4 – 7).
Salah satu bentuk kasih adalah murah hati (kindness). Murah hati harus ada pada kita, karena murah hati itu sangat penting karena murah hati bukan hanya dari kata – kata saja namun dari perbuatan kita. Insentifnya jika kita mempunyai murah hati : kita di sukai orang.


TUHAN YESUS MEMBERKATI !

PESAN dan KESAKSIAN

Pesan Gembala Memasuki Tahun 2018

TEMA : 2018 TAHUN PERMULAAN YANG BARU
Shalom Saudara yang dikasihi Tuhan,

1. Tahun 2018 adalah Tahun Permulaan yang Baru (The Year of the New Beginnings)

2. Kalender Ibrani 5778 memiliki arti :

5 : angka anugerah/kasih karunia
7 : angka tertinggi/sempurna
8 : angka permulaan baru
5778 artinya anugerah (kasih karunia) Tuhan kepada kita untuk memberikan berkat secara sempurna dan maksimal ketika kita memasuki tahun yang baru.

3. “The Bible is the book of Hebrew thought. So if we are going to understand the Bible, we need to understand the Numerology because that’s one of the way of thinking.” Alkitab ditulis dengan cara berpikir orang Yahudi. Oleh karena itu jika kita ingin mengerti Alkitab, kita harus mengerti Numerology (Ilmu Angka Alkitab) karena hal itu adalah salah satu cara pandang orang Yahudi.

4. Tahun 5778 (Ayin Chet). Ayin = 70 artinya sebuah mata (Mata Tuhan). Mazmur 33 : 18; Mazmur 32 : 8. Mata Tuhan tertuju kepada kita untuk mengajar, menunjukkan jalan dan memberi nasihat. Kita akan mengalami kebaikan Tuhan kalau mata kita tertuju kepada Tuhan. Angka 8 adalah permulaan yang baru, berbicara tentang Tuhan Yesus. Yohanes 1 : 1 – 2 & 14, “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.”

5. Yesus memang Anak Allah, tapi Yesus menjelma menjadi manusia, dan Tuhan Yesus adalah Allah itu sendiri. Semua diciptakan oleh Dia, maka mata kita harus tertuju kepada kuasa dan kasih-Nya supaya kita lebih mengasihi Tuhan Yesus.

6. Kita wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup, supaya kita menjadi serupa dengan gambar-Nya (1 Yohanes 2 : 6).

7. Proses menjadi serupa dengan Kristus :

a. Justification : proses kelahiran baru ketika kita percaya kepada Kristus. Karena anugerah Tuhan kita diselamatkan oleh kematian Tuhan Yesus di kayu salib.
b. Sanctification : Mengerjakan keselamatan dengan takut dan gentar. Kita terus menerus dikuduskan dan Tuhan Yesus membantu kita lewat kuasa Roh Kudus.
c. Glorification : proses pemuliaan karena kita lulus dalam proses pengudusan. Hanya orang yang serupa dengan gambar-Nya yang akan dipermuliakan (diangkat) saat Yesus datang untuk kali yang kedua. Pastikan nama kita ada. Kita akan bersama-sama dengan Tuhan Yesus selama-lamanya.

8. Memasuki tahun 2018 kita jangan kuatir, karena segala sesuatu diciptakan oleh Dia. Wahyu 1 : 17 – 18, “Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: “Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut.” Matius 10 : 28, “Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.”

B. MENJADI PEMENANG

Ketika Yesus akan masuk pelayananNya, Ia berpuasa 40 hari. Dalam keadaan lapar Iblis membawa Yesus ke pada gurun untuk mencobai Dia dengan memutar balikkan firman Tuhan supaya Ia jatuh dalam dosa, namun Yesus menang. Yesus tahu ayat-ayat yang benar. Kalau Tuhan Yesus dicobai, kita juga dicobai oleh Iblis, kita harus keluar sebagai pemenang seperti Tuhan Yesus. Ingat, Iblis mundur sejenak untuk mencari waktu yang tepat, dia akan balik lagi untuk terus mencobai kita berulang-ulang.

3 jurus pencobaan Iblis (Matius 4 : 1 – 10) :

1. Mengubah batu menjadi roti. Iblis senang kalau manusia HANYA memikirkan makanan (berkat) saja. Tuhan Yesus berkata: “Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.” Iblis mau supaya manusia sibuk mencari roti sampai lupa Tuhan, ini adalah hidup yang sia-sia (Mazmur 127 : 1 – 2). Tuhan mau supaya kita mendahulukan mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya akan ditambahan kepada kita (Matius 6 : 33). Tuhan perintahkan kita untuk mengumpulkan harta di surga, bukan di bumi (Matius 6 : 19). Kita tidak bisa mengabdi kepada dua tuan (Matius 6 : 24). “Karena di mana hartamu berada, d situ juga hatimu berada” (Matius 6 : 21).
2. Mencobai Tuhan. Seperti Iblis mencobai Yesus supaya menjatuhkan diri dari bubungan Bait Allah, Iblis akan memerintahkan kita untuk mencobai Tuhan. Jangan coba-coba melakukan sesuatu kalau Tuhan tidak perintahkan! Iblis senang kalau kita melakukan segala sesuatu semau kita. Hati-hati, ini pengajaran Hypergrace!

3. Menyembah Iblis. Kemudian Iblis membawa Yesus ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan semua kekayaan dunia dengan kemegahannya. Iblis menawarkan kekayaan dunia kepada Yesus dengan syarat Yesus harus sujud menyembah dia. Penguasa dunia ini adalah Iblis, dia bisa memberikan kepada siapa saja yang mau menyembah dia. Hati-hati dengan tipuan Iblis yang tersamar (kesibukan, kesuksesan) !

C. PENTAKOSTA 3
Empowered 21 Asia akan diadakan di SICC tanggal 17-20 Juli 2018. Api Roh Kudus turun di Indonesia. Awan kemuliaan Tuhan memenuhi Indonesia sampai ke bangsa-bangsa. Tema Empowered 21 adalah FIRE & GLORY

Mujizat Tuhan masih tersedia

Kesaksian dari Bapak Alfred – Pengerja GBI SUDIRMAN
Hari itu tanggal 15 Juni 2016 aku alami kecelakaan tunggal & kupercaya tangan Tuhan Yesus menyertai & menopang hidupku.. satu kecelakaan yg bagiku sampai detik ini bahkan sampai selamanya.. aku katakan itu ” Mujizat Tuhan ” dan terbukti janjiNya “Apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab Tuhan menopang tangannya.” (Mazmur 37: 24)

Ketika melintas dgn motor diseputar wilayah Puri Kembangan.. tiba2 aku hilang kesadaran (blank) & otomatis motor tdk terkendali & berlari kira2 antara 55-70 km/jam.. Saksi mata blg kalo aku kendarai motor dlm keadaan zigzag.. org kira sdg kondisi nyalip kendaraan lainnya, padahal ketika itu aku sdh hilang kesadaraan & kejadian ini berakhir dgn aku jatuh disatu titik.. Saksi mata blg, banyak org blg kalo aku kritis.. mataku mendelik ke atas & mulut mengeluarkan cairan.. bahkan ada yg blg aku mati.

Sakit Pendarahan Tuhan Sembuhkan

Kesaksian Yuli Kusmadi – Sentul, Bogor

Awal tahun 2010 saya mulai bekerja pada sebuah developer di wilayah Bogor, tepatnya di Sentul City. Setahun yang lalu saya mengalami kecelakaan di jalan tol. Karena supir mengantuk, mobil saya naik ke atas pembatas jalan tol. Untungnya kami tidak terluka dan mobil hanya mengalami sedikit kerusakan.

Sebulan kemudian terjadi kecelakaan ke-2. Saat hendak pulang ke Karawaci Tangerang, di jalan tol Jagorawi km. 27, tiba-tiba mobil yang saya kemudikan dihantam oleh truk besar sehingga airbag penahan benturan pun terbuka. Meskipun mobilnya rusak parah, namun Tuhan menyelamatkan saya. Setelah kejadian itu saya mengalami pendarahan di pencernaan, darah keluar melalui anus. Saya sudah berobat di Jakarta dan tidak kunjung sembuh. Malah setahun terakhir ini, saya merasakan kondisi fisik menurun di usia yang relatif muda, namun saya tetap setia melakukan pekerjaan dan pelayanan saya.

Batu Ginjal hilang tanpa operasi

Kalau boleh aku bilang ini sakit yang paling sakit yang pernah aku alami. Batu ginjal itu bentuknya seperti batu bergerigi, seperti batu pasir dan kalau ia lagi berjalan luar biasa sakitnya bisa guling-2 an saking sakitnya

QUICK LINK

ENGLISH CORNER


Christianity  reading articles English language.

CLICK HERE

DUKUNGAN DOA

Permohonan Doa

Kami mendoakan jemaat yang mengisi formulir dukungan doa. Bagi yang membutuhkan dukungan doa dan caring , kami juga siap melayani permohonan caring Anda.

read more

KESEMPATAN MELAYANI


Bagi jemaat yg rindu melayani, kami sambut Anda untuk bergabung bersama kami melayani Tuhan di wadah ini.

read more

BINA BAKAT


Kembangkan Talenta mu

JADWAL & TEMPAT IBADAH


Ibadah I   : 08.00 – 09.30 WIB
Ibadah II  : 10.00 – 12.00 WIB

Tempat Ibadah
AGRO PLAZA – Assembly Hall, Lt. 18
Jl. H.R.Rasuna Said kav X2 No 1
Jakarta
email us: gbisudirman@gmail.com







Sermon Digest

Sunday School


UCAPAN SELAMAT

ULANG TAHUN
Joez Hanjaya - 23 September
BAPTISAN AIR
Bagi anda yang rindu dibaptis segera Daftar Disini
Penyerahan Anak
Penyerahan Anak diselenggarakan pada Ibadah Raya hari Minggu dengan persyaratan orang tua harus mendaftarkan anak yang akan diserahkan minimal 2 minggu sebelum penyerahan. Daftar Disini
Pemberkatan Nikah
Daftar Disini

KRONIKA INFO

ABA